-

Kamis, 03 September 2015

Manfaat Apel Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat Apel Untuk Mencegah Penyakit Jantung ,Tentunya sangat banyak pakar gizi yang menyetujui hal seperti itu. Satu buah apel dalam sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit stroke hingga 50%. Buah apel kaya akan kandungan quercetin yang telah terbukti mampu mengatasi inflamasi, dan tentu hal ini sangat relevan mengingat pengerasan pembuluh darah yang seringkali terjadi akibat inflamasi.

Sekilas Tentang Apel

Apel adalah jenis buah-buahan, atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya.

Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin.Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa latin ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieverssi asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar)

Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari apel
 
Khasiat Buah Apel
  • Mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Apel merah menyimpan banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, serat, fitonutrien dan mineral. Tak heran banyak orang menyukai apel sebagai makanan pencuci mulut yang menyehatkan.
  • Kulit Sehat dan Terawat. Bagi para wanita, memiliki kulit sehat merupakan sebuah impian. Apel merah sangat baik untuk dikonsumsi karena vitamin C pada apel merah dapatmenjaga kulit menjadi sehat, terawat dan lebih bercahaya secara alami.
  • Menambah Energi. Lelah setelah beraktivitas sehari penuh ataupun berolahraga? Buah apel merah yang segar bisa menjadi penghilang rasa lelah dan letih serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Apel merah berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Seseorang yang mengkonsumsi apel 2 kali sehari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 16%.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat pancaroba, sistem kekebalan tubuh seseorang menurun. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan aktivitas secara optimal. Jika Anda mengkonsumsi buah apel merah setiap hari, Anda akan terbebas dari penyakit karena antioksidan pada buah apel merah sehingga badan Anda selalu sehat dan terasa bugar.
  • Mengurangi resiko penyakit diabetes. Hampir semua orang suka makanan manis. Tetapi ada sebagian orang yang tidak bisa mengkonsumsi makanan berbahan gula lebih banyak dikarenakan mereka memliki resiko penyakit diabetes. Apel merah dapat menjadi cemilan manis yang sangat cocok bagi para penderita diabetes.
  • Melancarkan pencernaan. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya pencernaan. Serat dapat ditemukan pada kulit buah apel merah dan dipercaya untuk melancarkan pencernaan dan dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.
  • Penglihatan lebih jelas dan jernih. Apel merah mengandung vitamin A dan antioksidan yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit katarak. Anda dapat menmakannya setiap hari untuk membuat penglihatan terasa lebih jelas dan jernih.
  • Mencegah Penyakit Kanker. Kulit buah apel merah juga mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.
  • Mencegah Penyakit Alzheimer. Manfaat apel merah juga dapat mencegah penuaan otak jika dikonsumsi secara teratur.
 Manfaat Apel Untuk Kesehatan



Tidak perlu diragukan kembali, manfaat apel untuk kesehatan juga tentunya sangat powerful dan melebihi yang bisa kita perkirakan. Apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, nah ini adalah beberapa manfaat apel yang menakjubkan untuk tubuh manusia.
  •  Menyehatkan Jantung Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.
  •  Membantu kerja usus halus Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Konsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.
  •  Mengurangi resiko gangguan pernapasan Sebuah studi baru-baru ini  menunjukkan  bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan  anak dalam kandungannya.
  • Memberikan perlindungan pada tulang Kandunga flavonoid (phloridzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan Boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi pencegahan timbulnya gejala penyakit rematik.
  •  Mengkontrol gula darah Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.
  • Mencegah dan MengobatiKanker Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.
  •  Kesehatan Otak Buah Apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegak stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.
  • Mencegah Parkinson Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.
  • Menurunkan Kolesterol Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaikanya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar