-

Selasa, 08 September 2015

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat,,Dengan buah buahan baik untuk kesehatan tubuh kita dan yang paling penting adalah memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah, tubuh kita akan menambah kebutuhan vitamin, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah juga dapat menjadi antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita.

Sekilas Tentang Buah Buahan

Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, dimana nutrisi tersebut diperlukan sekali oleh dibutuhkan manusia. Berbagai manfaat yang dapat diambil dari buah-buahan, Berikut ini merupakan manfaat buah beserta kandungan nutrisi yang ada dalam buah-buahan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita, baik itu manfaat buah apel, manfaat buah stroberi, manfaat buah pisang, manfaat buah melon, manfaat buah jeruk, manfaat buah mangga, manfaat buah anggur, manfaat buah nanas.

Kandungan Gizi Dari Buah Stroberi
  • energi 50 kalori
  • protein 1 gram
  • karbohidrat 11,65 gram
  • serat 3,81 gram
  • kalsium 23, 24 mg
  • magnesium 16,60 mg
  • fosfor 31,54 mg
  • potasium 44,82 mg
  • selenium 1,16 mg
  • vitamin C 94,12 mg
  • Folat 29,38 mg
  • Vitamin A 44,82 IU
Manfaat Buah Buahan

  • Manfaat Buah Apel.Apel merupakan jenis buah-buahan yang memiliki banyak varietas. Apel yang dimasak cenderung memiliki kadar gula yang rendah dibandingkan dengan jenis yang dimakan langsung. Kandungan buah apel, antara lain pectin (sebuah jenis serat), flavonol, dan nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan. Flavonol yang dikandung apel disebut quarcetin. Dalam beberapa penelitian, quarcentin dipercaya memiliki bahan anti kanker.Sebuah penelitian di Finlandia menjelaskan bahwa jika sering atau rajin mengkonsumsi apel, akan mengurangi risiko kanker paru-paru. Quercetin pun mengandung bahan anti radang sehingga bermanfaat untuk penyakit, seperti arthritis. Sebagai obat tradisional, apel dimanfaatkan untuk menyembuhkan sembelit dan apel yang dimasak dipakai untuk menghentikan diare. Selain itu, apel mengandung vitamin C tetapi  jumlahnya tidak sebanyak buah jeruk.
  • Manfaat Buah Stroberi.Stroberi merupakan jenis buah yang sangat menggugah selera karena bentuk dan warnanya yang mencolok. Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian, ellegic acid terbukti dapat mencegah pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, serviks, dan lidah. Sementara itu, penelitian di Amerika menunjukkan bahwa stroberi dapat mengurangi risiko kanker.Sebagai obat tradisional, stroberi dipercaya memiliki anti bakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Selain itu, stroberi pun banyak mengandung vitamin C. Karakter buah stroberi mudah busuk sehingga jarang disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  • Manfaat Buah Pisang.Buah yang banyak tumbuh di negara yang memiliki iklim tropis ini merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, membuat rasa relaks, dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisional, pisang dimanfaatkan untuk menyembuhkan bisul perut. Selain itu, pisang mengandung banyak karbohidrat, karotin, vitamin C, dan kaya kalium.
  • Manfaat Buah Melon.Melon merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah iklim subtropik. Buah ini mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai anti kanker. Melon merah dan orange pun mengandung caroteroid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan radikal bebas dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan kulit mata yang sehat.Melon pun dikenal sebagai buah yang mengandung kadar air yang tinggi sehingga ada istilah sepotong melon sama dengan satu gelas air. Selain itu, melon mengandung vitamin C.
  • Manfaat Buah Jeruk.Jeruk termasuk buah yang memiliki varietas beragam dengan berbagai keunggulan, mulai yang rasanya asam hingga manis. Jeruk mengandung pytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Buah jeruk pun merupakan sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Selain itu, jeruk termasuk buah rendah serat dan sumber vitamin C yang tinggi.
  • Manfaat Buah Mangga.Mangga merupakan buah yang memiliki lebih dari 2000 varietas. Buah ini banyak tumbuh di negara-negara timur. Mangga mengandung carotenoid yang disebut beta crytaxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya caratenoid, serat, dan vitamin C.
  • Manfaat Buah Anggur.Buah anggur tidak hanya dimanfaatkan untuk diolah sebagai minuman, tapi bisa juga langsung dimakan sebagai buah pencuci mulut. Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, anti kanker, anti bakteri, dan mengandung anti oksidan. Namun, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang rendah.
  • Manfaat Buah Nanas.Nanas termasuk jenis buah tropis yang aslinya berasal dari Amerika Selatan. Buah ini mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk mengurai protein. Nanas sering dimanfaatkan sebagai bahan pelunak daging. Selain itu, nanas berguna untuk membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas pun merupakan sumber vitamin C, serat, dan memiliki kadar gula yang tinggi.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar